Friday, November 25, 2011

Melakukan Semuanya Dengan Post Editor

Banyak sekali yang menanyakan kepada saya bagaiman membuat tombol blog directory di blog saya menjadi rapi seperti itu.Nah, kali ini akan saya bahas ulang bersama beberapa hal lain yang semuanya bisa dilakukan dengan mudah oleh editor post. Baca keseluruhan artikel ini, dan bayangkan betapa mudah Anda melakukan semuanya... dengan cara yang paling dasar.

1. Mengatur Berbagai Tombol
Yang perlu Anda lakukan pertama adalah menuju post editor seperti ketika Anda ingin posting. Pilihlah pengeposan model Edit HTML. Nah, setelah Anda mendapatkan kodenya (kode tombol dari berbagai blog directory, atau kode alexa atau page rank, apa saja....) masukkan kode tersebut di edit html. Jika Anda akan memasang banyak tombol, masukkan lagi kode script di bawahnya begitu seterusnya. Jika semuanya sudah dimasukkan, silahkan ada berpindah ke mode compose/tulis. Maka kode tersebut akan berubah menjadi bentuk widget/tombol. Nah, setelah berubah silahkan tombol-tombol tersebut geser sesuka Anda dengan cara drop dan drag. Jika penempatan tombol dirasa sudah pas, silahkan berpindah lagi ke mode pengeposan edit HTML untuk mengambil kode script yang telah berubah untuk kemudian dimasukkan ke widget html Anda.



2. Membuat Menu Bar
Bagi Anda yang templatenya belum dilengkapi dengan menubar dan sialnya lagi tidak paham soal kode, silahkan menggunakan cara berikut yang sangat simple dan mudah. Untuk contoh yang simple.


Langsung saja bagi yang tertarik untuk menggunakan cara ini, masuk ke post editor seperti ketika akan membuat postingan baru. Gunakan mode pengeposan compose/tulis.



Misal Anda membuat navigasi dengan menu Home, Blog Tutorial dan Blog Info. Ketikkanlah secara berurutan seperti contoh di atas. Pisahkan antar menu dengan spasi atau tanda sesuka Anda seperti | atau - .
Anda bisa dengan leluasa mengganti warna menu satu persatu sesuka Anda, sehingga setiap menu berbeda warna dan ukuran juga jenis font. Beri link pada menu satu persatu. Blok kata Home dan beri link seperti ketika anda membuat link biasa. Blok menu-menu yang lain dan beri link satu persatu. Jika sudah? silahkan berpindah ke mode pengeposan Edit HTML. Ambil kodenya dan masukan pade gadget html Anda dimanapun Anda suka seperti di atas header ataupun di atas postingan juga di sidebar.

3. Mengganti Warna Menu Tertentu Pada Menu Bar Bawaan Template
Jika template Anda sudah dilengkapi dengan menu bar, maka kadang Anda ingin menonjolkan salah satu menu hingga berbeda warna atau tercetak tebal seperti menubar blog ini. Caranya mudah sekali.
Seperti biasa masuk post editor dan pilih mode pengeposan compose. Silahkan tulis nama menu yang ingin anda rubah katakan Home. Buat tulisan home di post editor seperti saat Anda menulis artikel. Rubah warnanya sesuka Anda, bisa juga dengan style tebal atau miring juga jenis font. Tidak usah diberi link untuk kasus ini. Jika sudah, berpindahlah ke mode pengeposan edit HTML.


Nah, setelah berpindah ke edit HTML maka, tulisan Home yang telah Anda atur akan berubah menjadi kode. Bagaimana cara mengaplikasikannya di menubar Anda? Silahkan Anda cari kode menubar Anda. Misal kodenya


  • home



  • Nah, ganti yang berwarna merah dengan kode yang anda dapatkan tadi di post editor. Semoga berhasil.

    4. Mengatur Perataan Tengah, Kanan atau Kiri Widget
    Kadang ketika menambah suatu widget, widget tidak otomatis ada di tengah dan terlihat kurang rapi. Nah, sekali lagi bagi Anda yang tidak paham kode, gunakan saja post editor. Seperti biasa, seperti pada nomer satu masuk post editor. Kali ini pilih mode pengeposan Edit HTML. Masukkan kode widget yang anda dapatkan, katakanlah widget Page rank. MAsukkan kdoe widget page rank ke post editor (mode edit HTML). Jika sudah silahkan berpindah dengan klik compose/tulis.


    Nah, jika sudah di compose, klik saja widget page ranknya lalu klik pertaan tengah seperti ditunjukkan gambar di atas. Jika widget sudh berpindah ke tengah editor, silahkan klik mode pengeposan edit html. Kodenya telah berubah. Kode tersebutlah yang sekarang bisa Anda pasang di gadget HTML Anda.

    5. Mengatur Besar Gambar
    Mungkin Anda ingin menampilkan suatu gambar, namun gambar itu terlalu besar atau kecil sehingga kurang pas terlihat di sidebar Anda. Upload saja gambar ke editor postongan. Atur ukuran disana. Jika ukuran dinilai sudah pas, ambil kodenya (yang otomatis berubah dari kode awal gambar karena adanya tambahan kode ukuran) dan silahkan masukkan di gadget html Anda.

    Masih banyak sekali fungsi post editor. Anda tak perlu paham terlalu mendalam kode css dan html, karena semuanya mudah dengan post editor. Semoga bermanfaat.....

    Artikel Terkait

    Melakukan Semuanya Dengan Post Editor
    4/ 5
    Oleh

    Berlangganan

    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email